Powered By Blogger

Minggu, 10 April 2016

Cara Terbaik Untuk Menang Dalam Peperangan Adalah Mengenali Musuh









Mungkin korban dari Kejahatan Cyber sering bertanya-tanya, apa sih yang menjadi motivasi  cyber Crime sehingga menyerang dia secara individu, Institusi, Dan Perusahaannya. memang tidak bisa di pungkiri lagi uang adalah salah satu motivasi terbesar para attacker untuk melakukan cyber Crime.  Di samping itu kita perlu tahu apa saja yang menjadi motivasi para attacker untuk menyerang sebuah system. Berikut penjelasannya.



1. Money reason Cyber Crime
Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa uang adalah penyebab pertama terjadinya cyber crime, dimana banyak modus yang di lakukan oleh pelaku, mulai dari teknik sederhana seperti social engineering, sampai teknik yang paling canggih sekalipun. bahkan menurut hasil research dari IBM  bahwa kemungkinan uang yang didapatkan dari hasil cyber crime bisa mencapai  $2.1 trillion. pada tahun 2019 sungguh jumlah yang sangat-sangat fantastis.





2. Military
Hampir sebagian besar teknologi sebelumnya pasti di jajaki dulu oleh militer. sama halnya salah satu motivasi Cyber espionage kadang  juga alasan militer. misalkan perihal ingin mengetahui kekuatan musuh, penyadapan komunikasi petinggi-petinggi tertentu untuk mengetahui seberapa kekuatan musuh. memang sudah hukumnya saat ini mengetahui kekuatan lawan adalah informasi yang sangat berharga, bahkan sampai melibatkan pelaku-pelaku cyber crime.




3. Balas Dendam dan jiwa patriotisme
Ini memang alasan yang sangat masuk akan seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan tindak-tindak kejahatan di dunia cyber. Walaupun tetap melanggar biasanya berdalih untuk balas dendam. misalkan saja ada satu negara yang melakukan penyadapan terhadap negara tertentu seperti pada saat kejadian australia indonesia. Maka dengan rasa kecintaan hacker-hacker orang indonesia terhadap negaranya, australia diserang secara digital. Bahkan terjadi cyberwar.


4. Rasa Kemanusiaan
Rasa kemanuasiaan juga bisa jadi penyebab orang melakukan tindakan cyber crime. sebut saja misalnya ketika terjadi pembunuhan si kancil di jawa timur. Para hacker yang merasa mempunyai jiwa kemanusiaan yang tinggi melakukan aktivitas deface untuk menyampaikan aspirasi terhadap pemerintah.


5. Politik
Dunia politik memang dunia yang cukup menarik untuk di ikuti walaupun bagi penulis sendiri sebenarnya kurang suka dengan dunia politik. Politik memang salah satu penyebab peningkatan terjadinya aktivitas cyber crime. Kecintaan atau fanatik terhadap salah satu kelompok tertentu akan membuat mereka membela kelompok yang mereka sukai. Atau bisa jadi juga karena mereka di bayar untuk itu.


.
6.  Dan lain-lain
Sebenarnya masih banyak lagi alasan-alasan orang melakukan kejahatan cyber yang tidak bisa di sebutkan secara rinci satu persatu. Tetapi apapun alasannya cyber crime tetap merugikan banyak pihak dan tentunya melanggar hukum. kalau mau jadi hacker jadilah hacker yang beretika ya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar